5 Tips Membuat Bubur Tim yang Enak dan Bergizi

5 Tips Membuat Bubur Tim yang Enak dan Bergizi

Setelah mahir mengonsumsi bubur dalam bentuk puree, maka bayi bisa mulai diperkenalkan dengan makanan dalam bentuk bubur tim. Jenis bubur ini memiliki tekstur yang lebih padat dan kasar dibandingkan puree. Pemberian bubur seperti ini bisa mulai dilakukan ketika bayi sudah memasuki usia 8 hingga 9 bulan. Bisa juga saat bayi sudah memberi respon baik terhadap tekstur makanan yang lebih kasar.

Daftar Isi Artikel

Membuat Bubur Enak

Bayi pasti akan lebih lahap makan jika makanan yang disajikan kepadanya punya rasa yang enak dan teksturnya pas. Itulah mengapa orang tua juga tidak boleh menganggap enteng pengolahan dan penyajian makanan untuk bayi. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba saat ingin menyajikan nasi tim yang lezat untuk buah hati tercinta:

1. Pastikan Komposisi Bahan Lengkap

Prinsip pertama, pastikan komposisi bahan yang akan digunakan sudah lengkap. Dalam satu porsi nasi tim ini harus ada komponen lengkap mulai dari karbohidrat, lemak, juga protein. Semua ini dibutuhkan oleh tubuh bayi agar bisa tumbuh optimal. Jadi jangan sampai ada komponen yang tidak disertakan karena bisa berpengaruh pada pertumbuhan bayi.

2. Jaga Kebersihan

Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan saat mengolah dan menyajikan makanan. Semua peralatan memasak harus dalam kondisi bersih. Bahan makanan harus dicuci sempurna agar bersih dan tidak menimbulkan penyakit setelah dikonsumsi oleh bayi. Selain itu pastikan peralatan makan yang dipakai anak juga dalam kondisi yang bersih.

3. Gunakan Bumbu

Banyak sekali orang tua yang enggan menggunakan bumbu ketika masak bubur tim. Padahal pemakaian bumbu sebenarnya sah-sah saja selama dilakukan dalam porsi atau kadar yang tepat. Tambahkan bumbu secukupnya untuk memberi rasa pada makanan. Anda juga bisa menggunakan produk bumbu khusus untuk bayi yang saat ini banyak beredar di pasaran.

4. Buat Tekstur yang Tepat

Usahakan untuk memasak dan menyajikan nasi tim dengan tekstur yang tepat. Tekstur ini menjadi komponen penting yang harus diperhatikan saat menyajikan makanan untuk bayi. Jika teksturnya terlalu lembut atau terlalu kasar maka tidak bagus untuk bayi. Harus disesuaikan dengan tahap usia dan respon bayi dalam mengonsumsi makanan.

5. Samakan dengan Menu Keluarga

Sangat disarankan untuk mengolah dan menyajikan menu nasi tim yang sesuai dengan menu keluarga. Artinya, gunakan bahan-bahan yang juga dipakai untuk membuat menu keluarga. Ini akan membantu si kecil bisa makan lahap bersama kedua orang tuanya. Apalagi di tahap ini si kecil mulai mengonsumsi makanan kasar sehingga harus akrab dengan menu keluarga.

Itulah tadi 5 tips mengolah dan menyajikan menu bubur tim yang lezat juga bergizi. Selain kandungan gizi, perhatikan pula faktor kebersihan dan tekstur makanan yang akan disajikan untuk si kecil. Jika ada kelebihan porsi makan bisa langsung disimpan di kulkas untuk dimakan di jam makan berikutnya.