Berbagai Nutrisi yang Penting Bagi Kesehatan Kucing

Berbagai Nutrisi yang Penting Bagi Kesehatan Kucing

Agar membuat kucing peliharaan tetap sehat terdapat dua faktor utama yang dia perlukan, yakni kasih sayang seorang pemiliknya, serta makanan kucing yang bagus untuk kesehatan dan pemenuhan nutrisi harian kucing tersebut. Jika berbicara faktor pertama tentu sudah tidak diragukan lagi bahwa para pemilik dari kucing akan selalu senantiasa memberikan kasih sayang terhadap kucing peliharaannya.

Ungkapan kasih sayang yang diberikan pemilik terhadap kucing kesayangannya seperti mengajak bermain, menggendong dan mengelus bulunya hingga menyiapkan makanan dengan rutin. Lalu bagaimana untuk faktor kedua? Yaitu kebutuhan nutrisi si kucing. Lain halnya dengan kita sebagai manusia yang dapat memakan berbagai jenis makanan. Hewan seperti kucing adalah spesies karnivora. Maka dari itu, makanan yang dirasa baik untuk manusia tidak berarti juga baik bagi si kucing.

Tidak jarang pada bagian ini se pemilik kucing sendiri masih merasa bingung terhadap pilihan makanan yang tepat untuk diberikan ke kucing peliharaan mereka. Khususnya bagi Anda yang baru memulai memelihara kucing pertama kali. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, Anda perlu menyimak informasi yang ada di bawah ini. Terkait nutrisi yang diperlukan oleh kucing melalui menua makanan yang akan Anda berikan. Seperti:

1. Protein

Kucing adalah salah satu binatang peliharaan yang memerlukan protein dengan jumlah yang besar, dan bahkan jika dibandingkan oleh manusia serta binatang peliharaan lainnya seperti anjing, kebutuhan asupan protein kucing jauh lebih besar. Bahan makanan yang mengandung tinggi protein yang bisa Anda berikan ke kucing peliharaan berupa telur, daging dan ikan.

2. Mineral

Berbicara mengenai makanan kucing yang bagus. Pada dasarnya didalam tubuh seekor kucing, mineral berfungsi sebagai pembentukan enzim, kesimbangan PH, sirkulasi oksigen. Beberapa mineral yang berperan penting dan wajib untuk dihadirkan pada menu makanan kucing seperti fosfor, zat besi, kalium, kalsium, mangan dan magnesium.

3. Lemak

Lemak tidak hanya berperan sebagai sumber datangnya energi saja, namun lemak turun berperan untuk menjaga bulu kucing dan kulitnya agar tetap mengkilap, sehat dan tidak mudah rontok. Walaupun demikian, memberi kucing makanan yang mengandung lemak terlalu tinggi sudah tidak disarankan, sebab dapat membuat kucing menjadi obesitas atau terlalu gemuk.

4. Vitamin

Vitamin merupakan salah satu nutrisi yang wajib diberikan kepada kucing, begitu banyak manfaat dari sebuah vitamin, seperti halnya tubuh manusia. Kehadiran vitamin dapat menangkal berbagai macam penyakit yang dapat menyerang kucing peliharaan Anda kapan saja.

5. Air

Pada umumnya kucing sendiri tidak begitu banyak mengkonsumsi air, namun jika kekurangan air justru dapat membuat kucing menjadi dehidrasi. Anda bisa melihat kucing Anda apakah kebutuhan airnya sudah terpenuhi atau belum, caranya sangat mudah yakni dengan melihat bulu kucing. Apabila sangat mudah rontok dan tidak mengkilap, dapat dipastikan kucing Anda mengalami dehidrasi.