Sehat Plus Aman dari Virus, Inilah 5 Tips Olahraga Saat Pandemi

Sehat Plus Aman dari Virus, Inilah 5 Tips Olahraga Saat Pandemi

Semua orang pasti sudah menyadari bahwa berolahraga sangat penting bagi kesehatan. Terlebih lagi di saat pandemi kesehatan menjadi hal nomor satu di atas segalanya. Oleh karena itu, sangat penting melakukan olahraga saat pandemi. Memang benar bahwa beberapa kegiatan tidak bisa dilakukan khususnya jika melibatkan banyak orang seperti sepak bola dan sebagainya.

Alasan tersebut tidak boleh dijadikan pembelaan untuk tidak berolahraga. Masih ada banyak pilihan jenis olahraga yang tetap bisa dilakukan di masa pandemi. Karena hanya melibatkan diri sendiri atau maksimal satu anggota keluarga, kegiatan ini bisa dilakukan tanpa melanggar protokol kesehatan. Lalu, bagaimana caranya agar tetap maksimal olahraga di saat pandemi?

Tips Berolahraga di Saat Pandemi

Menggunakan masker

Jika olahraga dilakukan di luar rumah, misalnya di lapangan atau gedung serba guna, sebaiknya gunakan masker. Sebagai catatan, cara ini digunakan hanya untuk olahraga berintensitas ringan sampai sedang. Apabila olahraga termasuk intensitas berat, lebih dianjurkan menjaga jarak tanpa menggunakan masker. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan asupan oksigen cukup banyak dan masker bisa menghambat penyaluran oksigen tersebut.

Memilih olahraga yang disukai

Anda tidak akan bisa menikmati bersepeda jika memang tidak menyukainya. Salah satu alasan kenapa banyak orang malas berolahraga karena diharuskan melakukan kegiatan yang tidak disukai. Tidak masalah jika Anda lebih menyukai berenang. Apabila memang itu terasa enak dilakukan, lakukan saja. Dimulai dari itu, rasa malas berolahraga sedikit demi sedikit akan berkurang. Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan timbul ketertarikan pada olahraga lainnya.

Pastikan tubuh dalam kondisi prima

Jangan pernah memaksakan berolahraga jika kondisi tubuh sedang tidak memungkinkan. Jika tubuh sedang tidak fit, lakukan gerakan-gerakan sederhana saja seperti peregangan tubuh, berjalan di sekitar rumah, dan lain-lain. Hal ini bertujuan agar tidak membuat tubuh menjadi drop. Perlu diketahui, berolahraga saat sakit tidak akan memiliki dampak positif apapun.

Lakukan bersama keluarga

Merasa malas berolahraga sendirian? Cobalah untuk mengajak anggota keluarga. Misalnya, buat agenda seminggu sekali lari pagi atau bersepeda bersama. Biasanya cara ini akan membantu menghilangkan rasa malas berolahraga. Satu keluarga pun bisa mendapatkan manfaat bersama-sama. Selain keluarga, jika kondisi memang memungkinkan, ajak juga tetangga agar mendapatkan suasana baru.

Patuhi protokol kesehatan

Terkait dengan poin pertama, jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan di mana saja dan kapan saja, termasuk ketika berolahraga. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain membersihkan peralatan olahraga menggunakan disinfektan, menjaga jarak, menghindari ruangan tertutup, serta rutin mencuci tangan menggunakan sabun.

Dengan kelima tips di atas, olahraga yang Anda lakukan bisa mendapatkan lebih banyak manfaat di samping tetap terhindar dari paparan virus. Melakukan olahraga saat pandemi mungkin terasa berbeda. Namun, karena kesehatan sangat penting jangan pernah berhenti melakukannya.