Tips Menjaga Kesehatan dan Gigi Yang Benar

Tips Menjaga Kesehatan dan Gigi Yang Benar

Sebenarnya bagaimana cara menjaga kesehatan dan gigi yang benar? Banyak yang mengira jika menyikat gigi 2 kali sehari sudah cukup agar kesehatan gigi dan mulut terjaga.

Padahal kenyataannya tidak demikian. Masih banyak yang perlu dilakukan agar kesehatan gigi menjadi lebih optimal termasuk menjaga kesehatan dan gizi anak usia dini. Berikut kami jelaskan tips menjaga kesehatan gigi yang benar :

1. Jangan asal pilih sikat gigi dan pasta gigi

Tak hanya menyikat gigi dengan teratur saja, kamu juga jangan asal saat sedang memilih pasta gigi. Lebih baik memilih pasta gigi yang berbahan fluoride.

Bahan kimia tersebut dipercaya ampuh untuk memperkuat gigi dan juga mencegah gigi agar tidak berlubang.

Secara rutin, ganti sikat gigi setiap 3 hingga 4 bulan. Disarankan memilih sikat gigi yang bagian kepalanya lonjong dan juga kecil.

Pastikan bagian bulu sikatnya juga halus. Sikat gigi dengan kriteria seperti ini bisa menjangkau area tersembunyi di sudut mulut. Dan pastinya tidak membuat gusi menjadi nyeri.

2. Jangan biasakan merokok

Tak hanya buruk untuk kesehatan, merokok bisa menyebabkan gangguan pada mulut dan juga gigi. Misalnya bau mulut hingga berubahnya warna gigi.

Merokok juga bisa meningkatkan resiko terserang radang pada gusi. Bahkan yang paling buruk, merokok juga bisa menyebabkan kanker mulut ganas.

Supaya kesehatan dan gigi terjaga, hentikan kebiasaan buruk tersebut. Coba ganti kebiasaan tersebut dengan mengunyah permen karet.

Mengunyah permen karet juga membuat mulut terhindar dari bau mulut. Pasalnya saat mengunyah permen, produksi air liur bertambah banyak.

3. Berkumur menggunakan obat kumur khusus

Meskipun banyak orang yang punya kebiasaan berkumur, sayangnya masih sedikit yang belum berkumur menggunakan mouthwash secara rutin.

Tujuannya agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga dengan baik. Padahal cara yang seperti ini sangat mudah untuk dilakukan.

Dari hasil juga tidak mengecewakan karena mampu membuat gigi dan juga mulut menjadi lebih bersih dibanding sebelumnya.

Tak hanya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, obat kumur menghindari bau mulut dan membuat nafas menjadi lebih lega hingga 12 jam.

Yang paling penting, jangan sampai salah pilih obat kumur. Usahakan memilih obat kumur yang mengandung 4 minyak esensial penting thymol, methyl salicylate hingga menthol.

4. Bersihkan sela gigi menggunakan benang gigi

Meskipun sudah menyikat gigi secara rutin, kadang tetap saja ada sisa makanan yang berada di sela-sela gigi.

Biasanya sisa makanan tersebut sangat sulit untuk dijangkau oleh sikat gigi ketika menyikat gigi. Oleh karena itu, kamu bisa memakai benang gigi untuk membersihkannya.

Membersihkan gigi secara rutin pakai benang gigi (flossing) membuat gigi terhindar dari  plak serta bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

Saat melakukan hal tersebut, usahakan dilakukan dengan berhati-hati agar bagian gusi tidak ada yang terluka atau berdarah.